y u n i

Yang Terlupakan

Recipe : Black Porridge with White Sauce


image

Gue rasa, Negara asal mempengaruhi selera lidah ya. Maksud gue, kaya Kodok ini nih. Dia kan asalnya dari Kudus, Kudus itu identik dengan makanan yang manis – manis. Walaupun sekarang dia udah terbiasa dengan masakan gue yang identik dengan gurih dan pedas, tapi mungkin itu karena dia udah lebih dari 7 tahun tinggal di Depok – Jakarta dimana masakannya serba beraneka ragam. Sama seperti gue, meski gue dari Medan yang notabene masaknnya serba spicy, tapi gue juga udah terbiasa dengan masakan yang hambar ;p

Hari sabtu, minggu lalu dia nemenin gue belanja. Pas gue tanya pengen dimasakin apa, eh dia malah milih beras Ketan Item, setelah liat gue belanja beras. Kayaknya dia takjup ama warna itemnya ketan ini, atau dia kangen ama salah satu menu yang terhidang di gubukan saat acara syukuran pernikahan kami bulan lalu. Pengen bubur Ketan, katanya.

Kemarin, saat gue mau buka puasa, gue baru sadar kalau cemilan, makanan segar di kulkas udah mulai habis. Maklum aja sih, minggu ini gak belanja dan enggak akan belanja. Alesannya, nanggung. Tanggal 19 besok udah harus off ke medan sampai seminggu lamanya. Oleh karenanya, gue berfikir ini adalah waktu yang tepat untuk menghidangkan makanan yang sudah di idam – idamkan nya sejak seminggu yang lalu, Bubur Ketan Hitam.

Sebenernya gue belum pernah bikin bubur jenis ini sebelumnya. Oke, klo cuma bubur Kacang Hijau, bubur sum – sum, Kolak dan olahan rebusan berkuah yang sederhana kayaknya gue udah sering banget ya buat nya. Tapi kalau bubur ketan item? emmm… Oke gue berguru ke gugel dulu bentar. Dari berbagai sumber dan banyak banget sumbernya, bahkan ada yang dari wikipedia, akhirnya gue bisa ambil resep simpelnya. Bener – Bener simpel lohh … Check this Out …

“Recipe : Sweet Black vs Salty White”

#nowplaying Michele Jackson – Black or White » Play

/ lallalallala maksa

Ingredients

Bahan Bubur Ketan Hitam :

    1. Beras Ketan Hitam
    2. Air
    3. Daun Pandan
    4. Garam
    5. Gula Merah
    6. Gula Pasir

Bahan Saus Santan Gurih :

    1. Santan Kara  ( Click )
    2. Air
    3. Garam
    4. Daun Pandan

Instructions

    1. Cuci Beras Ketan Hitam sampai bersih kemudian rendam selama 30 menit.
    2. Rebus Beras Ketan Hitam dan tambahkan air dengan perbandingan 1 : 3 sampai setengah matang.
    3. Tambahkan Gula Merah dan Gula Pasir ( agar manis nya gak asam makanya ditambahkan gula pasir ) dengan perbandingan 2:1 dan juga garam sepucuk sendok teh aja. Pokonya jangan banyak – banyak. Tar asin lagi bukannya manis ;p
    4. Jangan lupa masukkan daun pandan. sehelai aja, boleh d bundel atau di potong menjadi beberapa bagian.
    5. Aduk terus hingga Beras ketan matang dan airnya mengering. Kalau air sudah mengering tapi beras ketan belum matang, jangan sungkan buat nambahin air ya. Soalnya, buat bubur ini tuh sebenarnya gak ada takaran air yang bisa gue tetapkan. Soalnya gue harus beberapa kali nambahin air sampai Beras Ketan Hitam mateng sempurna. Aduk terus biar gak berkerk dan lengket. Lebih baik pake boil pan yang anti lengket deh, kalau ada aja sih.
    6. Soal rasa manis, banyak nya gula tergantung selera ya.
    7. Untuk Saus Santan Gurihnya. Rebus Santan Kara bersama air dengan petbandingan 1 : 1, daun Pandan dan Garam. Buat saus ini sedikit asin, tapi asin yang terkesan gurih. Tau nasi uduk? Nah, buat asinnya menyerupai gurihnya nasi uduk deh. Atau sesuai selera, pakai saus nangka juga enak kayaknya, eummm jadi inget bubur sum sum saus nangka ;___;
    8. Selesai, silahkan nikmati selagi hangat atau dingin juga enak. Gue sih suka pas udah dingin – dingin keluar dari freezer gitu. Nyahahahha…kayaknya nambah bubur candil enak nihh ;D

Selamat bereksperiment … Goodluck!

Advertisements

Your Thoughts?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 17, 2013 by in RECIPES and tagged , , .

ARCHIVES BLOG

CATEGORIES POST

  • 54,489 hits

Via Instagram

Long time no post. 😅😅😅 Mudik ... Gak kebagian tempat. Karena telat trus luberrr. Kebagian dikit doang abis itu jajan 😂 Apakah dia sejenis bulldozer yg merana? ( Alias pengangguran )

#indonesiandiecaster  #diecast Satu2 nya Monster Truck yang masih utuh. Lainnya dah pada cacat 😅

#indonesiandiecaster #diecaster Masing inget foto Rafif nggrindil di Penvil?

Nah, sepulang dari situ dia demam, batuk, pilek. Sampe hr ini masih ada pileknya.

Sebenernya awalnya dia gak mau pulang dari Pirate. Tapi trus di iming2in es krim nitrogen. Jadi dia nyerah deh. Pas makan kok dia kayak batuk2 gitu trus meler hidungnya. Ntah krn abis nangis atau krn abis ngeskrim tuh melernya.

Es krim abis, kita turun via eskalator. Dan dia melihat pajangan buanyaaaaknya Hotwheeeellllllsssss.

Nangis lagi dah dia. Kata dia " Adek mau main main mobiuuuu. Anyaak main main Adek mauuu!" Klo dijual sih gakpapa, lah itu pedagangnya cuma jual raknya aja, hotwheel nya kagak dijual. Emak bisa apa?

Akhirnya, kita mampir ke hypermart. Dan dia membabi buta beli segala macem diecast.

Tapi demi mengontrol emosi dan nafsu sesaat. Jadi cuma emak beliin 2 aja. 
Dan mobil ini salah satunya.

Kebayang gak klo anak laki kita ada lebih dari 2 dengan hobi yg sama dan gak mau berbagi? Tumpur lah bapake ... 😂

#indonesianDiecaster #diecaster Ayooo, siapa yg mau ikut ke Secret Zoo.

Bolehlah naik dengan percumaaa 🎶

#diecaster #diecasteramatir Mei Mei

Sikucing kampung jantan. Sehari aja Rafif tanpa laptop. Awalnya nangis2 air mata buaya. Lama2 bodo amat dah yaa. Saatnya milihin mainan kesukaan.
Follow y u n i on WordPress.com
%d bloggers like this: