y u n i

Daily Life : Fangirling, Home Gardening, Cooking, storytelling and All Random Posting. Eeeeverything!

Recipe : Black Porridge with White Sauce


image

Gue rasa, Negara asal mempengaruhi selera lidah ya. Maksud gue, kaya Kodok ini nih. Dia kan asalnya dari Kudus, Kudus itu identik dengan makanan yang manis – manis. Walaupun sekarang dia udah terbiasa dengan masakan gue yang identik dengan gurih dan pedas, tapi mungkin itu karena dia udah lebih dari 7 tahun tinggal di Depok – Jakarta dimana masakannya serba beraneka ragam. Sama seperti gue, meski gue dari Medan yang notabene masaknnya serba spicy, tapi gue juga udah terbiasa dengan masakan yang hambar ;p

Hari sabtu, minggu lalu dia nemenin gue belanja. Pas gue tanya pengen dimasakin apa, eh dia malah milih beras Ketan Item, setelah liat gue belanja beras. Kayaknya dia takjup ama warna itemnya ketan ini, atau dia kangen ama salah satu menu yang terhidang di gubukan saat acara syukuran pernikahan kami bulan lalu. Pengen bubur Ketan, katanya.

Kemarin, saat gue mau buka puasa, gue baru sadar kalau cemilan, makanan segar di kulkas udah mulai habis. Maklum aja sih, minggu ini gak belanja dan enggak akan belanja. Alesannya, nanggung. Tanggal 19 besok udah harus off ke medan sampai seminggu lamanya. Oleh karenanya, gue berfikir ini adalah waktu yang tepat untuk menghidangkan makanan yang sudah di idam – idamkan nya sejak seminggu yang lalu, Bubur Ketan Hitam.

Sebenernya gue belum pernah bikin bubur jenis ini sebelumnya. Oke, klo cuma bubur Kacang Hijau, bubur sum – sum, Kolak dan olahan rebusan berkuah yang sederhana kayaknya gue udah sering banget ya buat nya. Tapi kalau bubur ketan item? emmm… Oke gue berguru ke gugel dulu bentar. Dari berbagai sumber dan banyak banget sumbernya, bahkan ada yang dari wikipedia, akhirnya gue bisa ambil resep simpelnya. Bener – Bener simpel lohh … Check this Out …

“Recipe : Sweet Black vs Salty White”

#nowplaying Michele Jackson – Black or White » Play

/ lallalallala maksa

Ingredients

Bahan Bubur Ketan Hitam :

    1. Beras Ketan Hitam
    2. Air
    3. Daun Pandan
    4. Garam
    5. Gula Merah
    6. Gula Pasir

Bahan Saus Santan Gurih :

    1. Santan Kara  ( Click )
    2. Air
    3. Garam
    4. Daun Pandan

Instructions

    1. Cuci Beras Ketan Hitam sampai bersih kemudian rendam selama 30 menit.
    2. Rebus Beras Ketan Hitam dan tambahkan air dengan perbandingan 1 : 3 sampai setengah matang.
    3. Tambahkan Gula Merah dan Gula Pasir ( agar manis nya gak asam makanya ditambahkan gula pasir ) dengan perbandingan 2:1 dan juga garam sepucuk sendok teh aja. Pokonya jangan banyak – banyak. Tar asin lagi bukannya manis ;p
    4. Jangan lupa masukkan daun pandan. sehelai aja, boleh d bundel atau di potong menjadi beberapa bagian.
    5. Aduk terus hingga Beras ketan matang dan airnya mengering. Kalau air sudah mengering tapi beras ketan belum matang, jangan sungkan buat nambahin air ya. Soalnya, buat bubur ini tuh sebenarnya gak ada takaran air yang bisa gue tetapkan. Soalnya gue harus beberapa kali nambahin air sampai Beras Ketan Hitam mateng sempurna. Aduk terus biar gak berkerk dan lengket. Lebih baik pake boil pan yang anti lengket deh, kalau ada aja sih.
    6. Soal rasa manis, banyak nya gula tergantung selera ya.
    7. Untuk Saus Santan Gurihnya. Rebus Santan Kara bersama air dengan petbandingan 1 : 1, daun Pandan dan Garam. Buat saus ini sedikit asin, tapi asin yang terkesan gurih. Tau nasi uduk? Nah, buat asinnya menyerupai gurihnya nasi uduk deh. Atau sesuai selera, pakai saus nangka juga enak kayaknya, eummm jadi inget bubur sum sum saus nangka ;___;
    8. Selesai, silahkan nikmati selagi hangat atau dingin juga enak. Gue sih suka pas udah dingin – dingin keluar dari freezer gitu. Nyahahahha…kayaknya nambah bubur candil enak nihh ;D

Selamat bereksperiment … Goodluck!

Your Thoughts?

Information

This entry was posted on December 17, 2013 by in RECIPES and tagged , , .

ARCHIVES BLOG

CATEGORIES POST

  • 51,437 hits

Via Instagram

Ikut mudik ... Mudik ... Jam segini dah melalang buana dan akan kembali lagi ke Depok. 😴 Gak kebagian tempat. Karena telat trus luberrr. Kebagian dikit doang abis itu jajan 😂 Buat sarapan yang tertunda dan makan siang yang kecepetan. Brunch ya namanya ... Hellahh gayaak! #homecooking #simplerecipe Adiknya juga sedang berbunga 😆

#homegardening Cikin Wing lovers.

Menurut voting enaknya di ayam krispi trus disalut saus pedas. Tapi ntar sibayik gak bisa ikutan makan. Voting lagi, akhirnya disemur aja 😂 Tanpa sambel, mereka hanya potongan buah.

#surganyaemak2 Hanya kelapa sangrai. Nyangrainya pun ogah2an. Klo orang batak pake cara ditumbuk ya saya ngeblender aja. Judulnya sama kok, buat kuah rendang 😂

#ntahapahashtagyangtepat
Follow y u n i on WordPress.com
