y u n i

Daily Life : Fangirling, Home Gardening, Cooking, storytelling and All Random Posting. Eeeeverything!

Recipe : Chrunchy Purple Ball


image

Enggak tau kenapa, gue suka penampakan kue yang satu ini. Enggak tau namanya apa, soalnya ini hasil ekperiment gue dari bahan dan kemampuan yang seadanya. Jujur, baru sekali ini gue nyoba ngebaked. Dan hasilnya, not bad. Cuma rasanya perlu di perbaiki kayaknya. Tadinya mikir, ini kan buat belajar yang pertama kali dan masih nyoba – nyoba dan bahannya pun gak lengkap. Jadi, gue mutusin buat bikin rasa kue ini plain aja. Eummhh lebih ke gurih sih, soalnya gue tambahin mentega, garam dan juga kuning telur. Jadi, gak parah – parah amat lah rasanya.

Bermodalkan tepung ketan putih, baking powder, pewarna ( gue make pewarna alami dari saringan bubur ketan item ), telur, garam dan Oven seadanya. Btw, gue gak punya oven loh, gue make Happy Call Direct Gas Fired Oven ( View ). Hasilnya, emmm not bad ( lagi ) lah. Malah gue ketagihan make. Soalnya hemat walau suhu gak bisa diatur secara akurat. Dulu nya gue suka manggang sih, bukan ngoven -,-

Akhirnya gue ulenin tuh, dari Air anget ( Air hasil saringan bubur ketan item, didapatkan warna ungu pada insensitas warna rendah ) yang dikasih baking powder dan garam. Gue diemin bentar, terus gue aduk – aduk pake spatula. Abis itu gue masukin tepung ketan putih sedikit – demi sedikit sampai adonan kalis. Abis itu gue diemin sampai 2 jam. Kok gak ngembang – ngembang ya? Guys, gue gagal disini. Entah kenapa. T_T

Modal nekat aja, namanya juga belajar. Gue panasin deh Oven gue yang ajaib itu. Trus adonan gue bentuk bola – bola sekecil kancing baju kemeja. Abis itu gue panggang sampai 10 menit dalam keadaan api kompor besar maksimal. Selama manggang gue tinggal makan, untung gue gak langsung ketiduran malah haus kemudian ambil minum ke belakang. Ternyata gue lupa kalau lagi manggang. Untung pas banget mateng. Gue perhatiin jam, ya kira – kira gue manggang kue ini selama 10 menit.

Waktu diatas panggangan keliatan yummy banget. panas – panas gue cobain. ihhh rasanya tawar. kayak onde – onde tanpa isi. Tapi chrunchy ♥. Gue coba makan pake saus super pedas. Lohh? kok enak? Gue coba makan pake Nutella. Lohh kok makin enak ._.

Intinya guys, walau gagal waktu nge-adon. Tapi hasilnya gak jelek – jelek amat. Masih layak makan kok. Kayaknya juga kalau dibikinin vla durian juga enak banget ini. Heumm…besok mau coba lagi ahh. Dengan rasa yang di perbaiki tentunya. Check it out, hasil ekperiment hari ini.

Tertarik mencoba? heumm..silahkan bereksperiment ya. Untuk pemula kayak gue, gak ada salahnya coba – coba buat nambah pengalaman masak. Hihiii …

One comment on “Recipe : Chrunchy Purple Ball

  1. Pingback: 「Cooking Challenge」Banana Balls | y u n i

Your Thoughts?

Information

This entry was posted on December 17, 2013 by in RECIPES.

ARCHIVES BLOG

CATEGORIES POST

  • 51,418 hits

Via Instagram

Ikut mudik ... Mudik ... Jam segini dah melalang buana dan akan kembali lagi ke Depok. 😴 Gak kebagian tempat. Karena telat trus luberrr. Kebagian dikit doang abis itu jajan 😂 Buat sarapan yang tertunda dan makan siang yang kecepetan. Brunch ya namanya ... Hellahh gayaak! #homecooking #simplerecipe Adiknya juga sedang berbunga 😆

#homegardening Cikin Wing lovers.

Menurut voting enaknya di ayam krispi trus disalut saus pedas. Tapi ntar sibayik gak bisa ikutan makan. Voting lagi, akhirnya disemur aja 😂 Tanpa sambel, mereka hanya potongan buah.

#surganyaemak2 Hanya kelapa sangrai. Nyangrainya pun ogah2an. Klo orang batak pake cara ditumbuk ya saya ngeblender aja. Judulnya sama kok, buat kuah rendang 😂

#ntahapahashtagyangtepat
Follow y u n i on WordPress.com
