y u n i

Daily Life : Fangirling, Home Gardening, Cooking, storytelling and All Random Posting. Eeeeverything!

「Cooking Challenge」Mak-Kimchi (ala yuni)


IMG_1354

Wooohhhooo!!! Ini dia Kimchi hasil eksperimen kedua gue… dan Kimchi ini gue persembahkan untuk Cooking Challenge edisi ‘Kimchi’ periode minggu ke-tiga di bulan Maret 2014 ini. Dan Kimchi ini pula yang akan gue pake buat  bahan dasar untuk 4 resep lainnya. Btw, gue sampe nonton film ‘Le Grand Chef 2 : Kimchi Battle’  loh khusus buat bikin Kimchi ini. cari tau seluk beluk Kimchi, gitu maksudnya . Gimana caranya gue bisa bikin Kimchi ini??!!

Original recipe by Maangchi @ maangchi.com! [ Click here for the RECIPE ]

Yuppps!! klo masalah masakan korea gue emang berkiblat ama website nya Maangchi. Abis, seru aja liat dia masak dengan logat yang begitu, orangnya juga lucu XDD Dah gitu keliatannya gampang banget ngikutin cara dia masak, disana juga di jelasin tentang bahan – bahan yang dia gunakan dan tips – tips penting lainnya.

Ohhya, kenapa gue bilang ini percobaan kedua? Karena seminggu sebelumnya gue dah nyoba bikin Baechu Kimchi juga hasil nyontek resepnya ‘ Keluarga Sony ‘. Karena agak teledor saat naro bubuk cabe… akhirnya Kimchi gue pertama itu rasanya super pedas lol. Ini juga kayaknya karena gue pake Bubuk cabe yang emang level pedes nya lumayaaaaan. Abis, asal beli aja waktu dipasar. Bahkan tak bermerek. Dan ini dia, Baechu Kimchi super pedas!

IMG_1317

Ada beberapa bahan yang minus dari Baechu Kimchi ala super pedas gue itu. Ngeliat dari resepnya sih, kayaknya gue skip Kecap Ikan dan daun Kucai. Gue pernah baca beberapa komentar di resep – resep Kimchi gitu, katanya Kecap Ikan klo gak suka bisa di skip aja. Trus daun Kucai juga cuma sebagai pelengkap layaknya daun bawang. So karena gak nemu di pasaran tuh daun Kucai, ya gue skip aja. Mau ke supermarket males klo cuma nyari daun Kucai mah -_-

Untuk percobaan yang kedua ini, gue bener – bener nyontek resepnya Maangchi yang ‘ Mak-Kimchi ‘. Karena udah pernah nyoba sekali, jadi waktu bikin Mak-Kimchi ini udah agak gak kaku lagi. Tinggal ikuti aja step by stepnya yang dikasih Maangchi di Video ini :

Walau nyontek, tapi tetep ya ada beberapa bahan yang gue modifikasi. Beberapa bahan gue skip dan gue ganti dengan bahan lain. Ada penambahan bahan dan cara mengeksekusi bahan. So apa aja yang gue lakuin?

  • Baechu / Napa Cabbage / Sawi Putih

Step ini intinya kita membersihkan Sawi dan ngasinin. So yang gue butuhin adalah Air ( Air bersih mengalir ), Garam Halus dan Air matang. Caranya, ikuti cara Maangchi yang di Video diatas deh ;D Tapi klo gue sih :

Belah Sawi menjadi 4 bagian ( sama kayak Maangchi  di Resep ini ) trus cuci bersih di air kran mengalir sampai 2 kali kemudian tiriskan. Taburi garam secara merata di setiap helai daun Sawi. Diam kan selama 6 jam, tapi ubah posisi Sawi ( bolak balik ) setiap 2 jam. Jangan kaget klo nambah air di rendaman Sawi ama garam itu.

IMG_1321

Setelah 6 jam, cuci bersih Sawi di Air kran mengalir. Karena gue pengen Sawi terasa agak asin jadi, gue nyuci di Air kran mengalirnya sekali aja lalu Sawi di rendam di Air matang ( gue rebus dulu airnya lalu di dinginkan ) selama 30 menit. Setelah 30 menit, cuci bersih setiap helai daun Sawi di Air matang tersebut lalu tiriskan. Agak di peras Sawi nya agar cepat tiris ;D

IMG_1326

Jajaaaaaang! Kita dah punya Sawi Putih Asin yang sudah siap di pakai buat Kimchi. Halaahh .. gue lupa motoinnya ._.

  • Porridge / Bubur Beras Ketan

Bubur ini gunanya untuk bikin paste. Klo menurut film ‘Kimchi Battle ‘ sih, Bubur Beras Ketan berfungsi buat mengikat rasa asin ama pedas. Tapi kayaknya juga buat membantu fermentasi deh ._.

Rebus 2 Cup Air, masukkan 1/2 Cup Tepung Beras Ketan ( pake produk lokal aja gue ). Aduk rata dengan cepat pada api kecil. Setelah tepung Beras Ketan larut, masukkan 1/4 Cup Gula Pasir. Aduk rata pada api sedang sampai semua larut dan meletup – letup. Bila sudah menjadi bubur yang berkonsistensi sedang, Angkat. Namun kalau bubur agak terlihat keras atau kaku, tambahkan air dan aduk lagi hingga benar – benar menjadi bubur. Seperti ini.

IMG_1324

  • Kimchi Paste

Bumbu Halus

Pada tahap ini kita membutuhkan Bawang Putih ( gue pake 3 siung ), Bawang Bombay ( gue pake 1 siung ukuran sedang), Minyak Zaitun ( karena gue skip Sauce Fish ) dan Jahe ( sekitar 2 cm ). Haluskan, gue pake processor kayak Maangchi. Selain lebih gampang, juga gak malesin nyucinya ;D

IMG_1332

Bubuk Cabe Merah

Untuk Bubuk Cabe, gue pake produk yang gue pake di percobaan pertama alias yang beli dipasar tradisional. Tanpa merek sih, tapi kali ini gue akan hati – hati nakarnya. Gue pake 1/2 Cup aja. Selain pengen ada rasa pedes, tapi gue juga gak mau pedes banget di lidah. So … segini aja.

IMG_1327

Sayuran Pendukung

Untuk Sayuran pendukung, gue cuma pake Daun Bawang ( 3 batang ) yang di potong bentuk korek api, Wortel ( 1 buah ) dan Lobak putih ( 1 buah ukuran sedang ) yang di serut. Ini Alat serutan yang gue pake. Abis klo dipotongin pake pisau agak lama dan ukurannya tar gak sama. Klo pake serutan hasilnya lebih halus. Jadi, akan gampang nanti makannya ;D Gunakan serutan yang bagian atas, yang ukuran lubang nya lebih besar.

IMG_1309

Dan ini dia hasil potongan daun Bawang dan Wortel serta Lobak Serut yang udah gue freezer selama 1 jam. Option aja sih di freezer. Dari pada didiemin di tempat terbuka selama nyiapin bahan lain.

IMG_1333

Paste

Saatnya bikin Pastenya yaaa… Ambil Bubur Beras Ketan, Bumbu Halus, Bubuk Cabe, dan Sayuran Pendukung. Aduk rata. Ohyaaa, gue nyontek tips di ‘Battle Kimchi’ nih. Katanya klo tambahin Kayu Manis rasanya jadi makin khas. So, gue tambahin Bubuk Kayu Manis sebanyak 1 tsp.

IMG_1334

Aduk rataaaa! Jadilah, jajaang … dan Kimchi Paste siap di pakai.

IMG_1336

  • Final Kimchi

Masukkan satu persatu Sawi Putih kedalam Kimchi Paste. Olesi setiap lembar Sawi dengan Kimchi Paste secara merata. Sumpel – sumpelin aja tuh sampe dalem – dalem Sawi klo perlu. Pokoknya sampai nempel rata di Sawi. Tapi jangan sampe daun Sawi patah – patah ya ;p

IMG_1341

Kimchi yang sudah jadi, bisa di masukkan di Plastic Container. Tata dengan rapi lalu padatkan agar tidak ada ruang udara didalamnya dan siap di fermentasikan. Diam kan satu malam di suhu ruang kemudian masukkan ke dalam freezer.

IMG_1345

Bisa Juga langsung dimakan. Aku sih langsung icip – cicip gitu. Tanpa nasi, tanpa temen apapun. Langsung telaaaan. Berasa makan asinan deh ;p

IMG_1356

Bisa juga loh di simpan dalam botol ukuran kecil. Jadi praktis klo mau di bawa – bawa. Misal bawa kekantor buat bekal atau dikirim ke temen ;p

IMG_1367

Mak-Kimchi sudah selesai. Tinggal santap atau nunggu di fermentasi. Soal rasa, Kimchi yang ini emang beda deh. Mungkin ini salah satu dari 200 modifikasi resep Kimchi kayak yang di bilang di film ‘Battle Kimchi’. Kimchi ala Ibu, Kimchi yang menghangatkan anaknya dengan menambahkan sedikit Kayu Manis.

Gambaran rasa Kimchi ini adalah Asin ( paling mencolok, ya karena gue niat bikin Asinan Sawi ), Manis ( karena gula dan Kayu Manis ), Pedas ( semriwing aja, tapi tetap menggoda lidah) dan wangi khas ( efek Kayu manis ). Nikmat ;D

Ada banyak jenis Kimchi, Sooo Kimchi mana yang kamu suka? .-.

Notes :

  • Ini percobaan kedua, mungkin gak sempurna. Tapi menurut gue, Kimchi itu menurut selera. Kayak kita bikin tumisan sayur. Terserah mau di tumis pedes, asin, atau manis.
  • Belum tau Kimchi ini tahan berapa lama di Freezer. So kita tunggu aja perkembangannya.

banner

3 comments on “「Cooking Challenge」Mak-Kimchi (ala yuni)

  1. Pingback: 「Cooking Challenge」Stir-fried Chicken and Kimchi Udon Noodles | y u n i

  2. Pingback: 「Cooking Challenge」Kimchi Pancake (Kimchijeon) | y u n i

  3. Pingback: 「recipe」Melted Kimchi Pizza | y u n i

Your Thoughts?

Information

This entry was posted on March 19, 2014 by in RECIPES and tagged , , , , , , , , , .

ARCHIVES BLOG

CATEGORIES POST

  • 51,437 hits

Via Instagram

Ikut mudik ... Mudik ... Jam segini dah melalang buana dan akan kembali lagi ke Depok. 😴 Gak kebagian tempat. Karena telat trus luberrr. Kebagian dikit doang abis itu jajan 😂 Buat sarapan yang tertunda dan makan siang yang kecepetan. Brunch ya namanya ... Hellahh gayaak! #homecooking #simplerecipe Adiknya juga sedang berbunga 😆

#homegardening Cikin Wing lovers.

Menurut voting enaknya di ayam krispi trus disalut saus pedas. Tapi ntar sibayik gak bisa ikutan makan. Voting lagi, akhirnya disemur aja 😂 Tanpa sambel, mereka hanya potongan buah.

#surganyaemak2 Hanya kelapa sangrai. Nyangrainya pun ogah2an. Klo orang batak pake cara ditumbuk ya saya ngeblender aja. Judulnya sama kok, buat kuah rendang 😂

#ntahapahashtagyangtepat
Follow y u n i on WordPress.com
