y u n i

Yang Terlupakan

「recipe」My Basic Bread Dough (ala yuni)


dough

Bagi gue, bikin adonan roti itu susah – susah gampang. Laa ternyata gampang loh klo dah tau triknya -,-. Udah beberapa kali gue nyoba bikin roti tapi kebanyakan kurang ini dan kurang itu. Yang seringnya sih kurang ngembang atau kurang empuk..nyebelin banget!!! Tapi, gue disini mau mendokumentasikan betapa bahagianya gue karena kemaren usaha belajar ku gak sia – sia. Ini dia Dough yang paling gue anggap berhasil selama gue menekuni dunia per-adonan ._.

Original recipe by Vah Chef @vahrehvah.com [ Click for the Recipe ]

Lagi – lagi, gue nyontek resep orang ;p Maklumi saja, gue ini bukan koki ataupun chef, bukan cewek yang pernah sekolah memasak. Ya jadi gue belajar masak dari orang lain. Dengan sangat jujur, gue mencantumkan orang – orang yang sudah menginspirasi berbagai makanan yang berhasil gue buat. Kali ini, gue terinspirasi dari Vah Chef. Chef asal India. Wuuuu ….

Sudah sejak lama gue liat video yang berjudul ‘Bread Rolls’ beliau di youtube. Tapi, entah kenapa baru kemaren niat itu terwujud. Niat mencoba resep yang ternyata keren banget itu. Ini dia Videonya :

Udah banyak resep adonan roti yang gue contek. Tapi ya itu, mungkin karena bahan atau alat atau usaha dalam membuat masih belum pas makanya selalu gagal. Meskipun nyontek, tapi gue juga harus sedikit cerdik dalam memilih bahan kan? Jangan memaksakan bahan yang tidak ada disekitar, tar bingung nyarinya. Soo, gue pake bahan – bahan yang ada disekitar gue aja.

Jadi, ini dia bahan – bahan yang gue pake :

  • All Purpose Flour → 4 cup ( + 1/4 cup buat taburan adonan saat nguleni )
  • Air Hangat → 1 cup
  • Susu Kental Manis → 1/4 cup
  • Gula Pasir → 2 tbsp
  • Ragi ( Merk Fermipan ) → 2 1/2 tsp
  • Margarine → 2 tbsp
  • Telur → 2 Butir
  • Garam → 1 tsp

Cara gue mengeksekusi adonan :

  • Bahan Cair : Siapkan panci. Masak Air sampai mendidih kemudian diamkan sampai hangat – hangat kuku. Masukkan susu, aduk rata. Kemudian masukkan 2 butir telur yang sudah di kocok lepas sebelumnya. Aduk rata.
  • Bahan Kering : Siapkan wadah besar. Masukkan Tepung ( All Purpose Flour ), Gula Pasir, Ragi dan garam. aduk Rata.
  • Masukkan Bahan Cair sedikit – demi sedikit ke dalam wadah yang berisi Bahan Kering. Aduk perlahan menggunakan spatula sambil terus di tuangi Bahan Cair hingga habis. Setelah tercampur rata, bahan akan menjadi semakin berat. Mulailah membuat adonan : Lakukan dengan tangan.
  • Tambahkan 1 tbsp Margarine. Terus uleni adonan ( seperti yang dilakukan Vah Chef ) sampai sekitar 10 menit. Beri taburan Tepung bila adonan lengket. Setelah terjadi perubahan pada adonan yang semakin lembut dan berat. Maka, uleni lagi sekitar 2 menit lalu buat bulatan besar dari semua adonan. Lumuri bagian atas adonan dengan Margarine atau Minyak Zaitun ( bisa juga dengan minyak goreng biasa ). Tutup wadah dengan menggunakan handuk dapur atau plastic wrap. Simpan pada suhu ruang hangat selama ± 1 1/2 jam. Sampai adonan mengembang sampai 2 kali lipat dari bentuk asalnya.
  • Setelah adonan mengembang, uleni lagi hingga semua udara pada adonan menghilang. Tusuk bagian tengah adonan untuk memastikan bahwa adonana sudah benar -benar mengembang.

dough 2

  • Bila adonan sudah benar – benar tidak mengandung udara lagi. Simpan adonan dalam wadahnya dan kembali tutupi dengan handuk / kain atau plastic wrap. Simpan pada suhu ruangan sekitar 30 menit. Setelah itu adonan siap dibentuk sesuai dengan kebutuhan.

Adonan bisa untuk membuat :

Bread Loaf ( Seperti roti tawar )

IMG_9107

Buns ( Roti Manis Isi )

Anpan3

Pizza

IMG_1399

Banana Rolls ( Roti Gulung Isi )

IMG_1442

Notes :

  • Saat menyimpan adonan pada suhu ruang, masukkan saja adonan yang sudah ditutup rapat menggunakan plastic wrap itu pada oven yang tidak menyala. Tutup rapat pintu ovennya. Diamkan selama ± 1 1/2 jam.
  • Untuk membuat Roti tawar, tinggal kurangi aja takaran gulanya. Klo perlu gak usah pake Susu Kental Manis. Tapi ganti air pake Susu Cair Tawar.
  • Gue pikir, bisa buat bikin Pisang Molen juga loh XDD So, selamat berkreasi ^_^
12 comments on “「recipe」My Basic Bread Dough (ala yuni)

  1. ginakecilmungil
    March 25, 2014

    Kalau susunya disubstitusi dengan santan bisa g y? 😀 kita lagi mengurangi susu hehe.

    • y u n i
      March 25, 2014

      bisa mungkin mbak . klo pake santen belum pernah sih..

      tapi klo pake air biasa / susu pasteurised aja malah bisa kok. paling nanti tekstur ama rasanya yang agak beda 😀

      • ginakecilmungil
        March 25, 2014

        bisa pake air biasa juga ya…..okeh 😉 makasiiiih :*

  2. Pingback: 「recook」Roti Bakar Tradisional ala Emak | y u n i

  3. y u n i
    March 20, 2014

    tapi klo bisa belajar dari pengalaman orang aja, biar gak susah – susah dulu baru ngerti ;D

    Semangat mbak gina!

  4. ginakecilmungil
    March 20, 2014

    wuiiiiiiii kereeen….kepingin, tapinya bau raginya kerasa ga ya? Dulu pernah nyoba bikin roti, trus nguleninnya pake tangan, tapinya kentara banget bau raginya. Katanya siy kalau pake bread maker ga kaya gitu balada ga punya bread maker tapi kepingin bikin roti sendiri hohoho.

    • y u n i
      March 20, 2014

      saya juga gak punya bread maker mbak, tapi saya pantang menyerah cari solusinya. nguleni pake tangan malah sekalian stretching kok ;D

      sebelum bikin adonan roti yang ini, memang saya beberapa kali bikin roti tapi bau ragi..awalnya saya kira roti saya bantet karena kurang ragi…saya banyakin raginya, ngembang sih tapi ehh malah bau ragi tuh rotinya…sempet frustasi juga..

      ternyata di bungkus ragi ( saya pake merk Fermipan ) itu ada tertera takaran penggunaan. Nah 1 scahet ( 11 g ) untuk sekitar tepung 1 kg. kemaren bikin adonan roti make sekitar 4 cup tepung. jadi saya perkirakan pake 2 1/2 tsp sudah cukup. ternyata benar, dengan takaran ragi yang tidak berlebihan, nguleni yang bener dan waktu fermentasi yang cukup…adonan bisa mengembang sempurna.

      Dan akhirnya saya sadar, Kebanyakan ragi gak bikin adonan super cepat ngembang tapi malah jadi bau ragi..aduuhh..ini yang namanya belajar dari pengalaman T_T

      • ginakecilmungil
        March 20, 2014

        pengalaman adalah guru terbaik memang 😀
        okeh okeh makasiiiih…jadi kepingin nyoba lagi-pasang iket kepala hohoho.

    • y u n i
      March 25, 2014

      bisa mbak…bahan dasar roti tawar nya itu sebener nya cuma air, tepung ama ragi aja. lainnya buat tektur ama rasa 😀

      sama – sama mbak. moga sukses di percobaan pertama 😉

  5. Pingback: 「recipe」Melted Kimchi Pizza | y u n i

  6. Pingback: 「recipe」Cheesy and Sweet Banana Rolls | y u n i

Your Thoughts?

Information

This entry was posted on March 19, 2014 by in RECIPES and tagged , , , , .

ARCHIVES BLOG

CATEGORIES POST

  • 53,089 hits

Via Instagram

.
🔶Tas Ransel Sekolah Spiderman 🔸Harga : Rp. 165.000 🔸Bahan : Dolby Tebal 🔸Dimensi : 39 x 28 x 23 🔸Warna : Merah 🔸 Brand Catenzo Junior Distro Bandung 🔶Order - DM atau WA ( 08560412409 ) ❗❗❗ Barang tidak sampai? Jaminan uang kembali! 🔶Mau jadi Agen Bukalapak juga? Klik link di bio yaa.

Selamat berbelanja! .
🔶Tas Ransel Sekolah Ninjago 🔸Harga : Rp. 160.000 🔸Bahan : Dolby Tebal 🔸Dimensi : 28 x 42 x 12 🔸Warna : Merah 🔸 Brand Catenzo Junior Distro Bandung 🔶Order - DM atau WA ( 08560412409 ) ❗❗❗ Barang tidak sampai? Jaminan uang kembali! 🔶Mau jadi Agen Bukalapak juga? Klik link di bio yaa.

Selamat berbelanja! .
🔶Tas Ransel Sekolah Kapten Amerika 🔸Harga : Rp. 160.000
🔸Bahan : Dinier 🔸Tinggi ( 40 cm ) Lebar (25 cm ) 🔸Warna : Biru . 🔶Order - DM atau WA ( 08560412409 ). ❗❗❗ Barang tidak sampai? Jaminan uang kembali!. 🔶Mau jadi Agen Bukalapak juga? Klik link di bio yaa.

Selamat berbelanja!

#tassekola #tasanak #tassekolahmurah #taskarakter #captainamerica #taskapteramerika
Follow y u n i on WordPress.com
