y u n i

Daily Life : Fangirling, Home Gardening, Cooking, storytelling and All Random Posting. Eeeeverything!

「recipe」Watercress Stirfry ( Sayur Cenil / Selada Air )


cenil

Awalnya, gue tau sayuran ini namanya Cenil. Di keluarga gue, yang paling suka sayur Cenil adalah Bapak. Dan beliau suka kalau di sayur bening alias direbus dengan Bawang merah dan garam aja. Dimasak setengah matang adalah nilai ples karena memang sayur Cenil ini enak kalau masih krenyes – krenyes.

Selama gue tinggal jauh dari orang tua, gue jarang banget nemu sayuran ini. Jarang? Klo gak beli sendiri ke pasar gak bakal nemu deh. Nah, kebetulan nemu sayuran ini di tempat Tukang Sayur langganan di Pasar Pal Kelapa Dua Cimanggis Depok. Sering liat sih, cuma kok baru kemaren kepikiran belinya ya ;p

Nah, beda ama Bapak. Gue lebih suka sesuatu yang pedes walau gue bukan pengkonsumsi makanan yang extream pedesnya. Klo gitu Selada Air alias Cenil nya kita tumis aja yuuk.

Bahan yang kita butuhin adalah :

  • Selada Air / Watercress – 1 ikat
  • Bawang Merah – 2 siung
  • Bawang Putih 1 siung
  • Cabe Rawit Merah Jawa – 3 buah
  • Cabe Jalapeno Hijau – 1 buah
  • Terasi – 1/2 tsp
  • Tomat – 1/2 buah ( ukuran sedang )
  • Minyak Goreng – 1 tbsp
  • Garam
  • Gula
  • Air – 1/4 cup

Saatnya beraksi!!

  • Potong Selada Air ± 3 cm, cuci bersih di air mengalir.
  • Bumbu halus : (Bisa gunakan blender atau ulekan tradisional) Bawang Merah, Bawang Putih, Cabe Rawit, Jalapeno dan Tomat.
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan Terasi sampai harum. Masukkan Air dan tunggu sampai mendidih.
  • Setelah Air mendidih, masukkan Selada Air, Garam dan Gula secukupnya. Masak ± 3 menit. Sajikan.

Memasak Selada Air selama ± 3 menit akan mendapatkan Tumisan Selada Air yang masih krenyes – krenyes alias setengah matang dan terasa segar. Selamat menikmati ;D

Advertisements

Your Thoughts?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 21, 2014 by in FOOD PHOTOGRAPHY, RECIPES and tagged , , , , , .

ARCHIVES BLOG

CATEGORIES POST

  • 51,437 hits

Via Instagram

Ikut mudik ... Mudik ... Jam segini dah melalang buana dan akan kembali lagi ke Depok. 😴 Gak kebagian tempat. Karena telat trus luberrr. Kebagian dikit doang abis itu jajan 😂 Buat sarapan yang tertunda dan makan siang yang kecepetan. Brunch ya namanya ... Hellahh gayaak! #homecooking #simplerecipe Adiknya juga sedang berbunga 😆

#homegardening Cikin Wing lovers.

Menurut voting enaknya di ayam krispi trus disalut saus pedas. Tapi ntar sibayik gak bisa ikutan makan. Voting lagi, akhirnya disemur aja 😂 Tanpa sambel, mereka hanya potongan buah.

#surganyaemak2 Hanya kelapa sangrai. Nyangrainya pun ogah2an. Klo orang batak pake cara ditumbuk ya saya ngeblender aja. Judulnya sama kok, buat kuah rendang 😂

#ntahapahashtagyangtepat
Follow y u n i on WordPress.com
%d bloggers like this: